BERANDA

Selamat Tinggal BBM (BlackBerry Messenger)

Hai, boleh minta PIN BBM kamu? Yes, kalimat ini sempat menjadi sangat favorit di era ketenaran BB alias BlackBerry. Gimana nggak, waktu itu hanya kalangan tertentu yang bisa menikmati teknologi yang terkenal sangat aman itu.

Dan sekitar tahun 2016 platform ini lisensinya dibeli oleh perusahaan Indonesia EMTEK dengan nilai sekitar 2,7 triliun rupiah. Selama kiprahnya di Indonesia sudah banyak inovasi yang dilakukan BBM, mulai sebagai aggregator berita sampai yang terakhir mencoba menerobos rute transaksi keuangan dan e-commerce melalui fitur DANA.

Apa daya inovasi yang sebetulnya keren tersebut kurang dapat diterima pengguna, entah karena nama BBM yang cenderung sudah tua dan kurang nyaman bagi kaum milenial atau hal lainnya. Namun yang pasti BBM pernah menjadi pemain kelas premium dalam dunia chat dan messenger. Sampai pada akhirnya diambil keputusan untuk menutup layanan BBM efektif tanggal 31-Mei-2019 nanti, sedih sih dengernya. Informasi terakhir akan ada platform penggantinya. Kita tunggu aja yuk!

Exit mobile version