Ini juga salah satu yang lumayan banyak dikeluhkan oleh pemilik Feroza, konon katanya naik Feroza berasa naik truk. Ya kalau mau berasa naik sedan mending naik sedan beneran kali ya.
Tapi bukan berarti bantingan Feroza tidak dapat dibuat sedikit lebih nyaman, asal ritualnya dilakukan dengan benar dan tidak mengurangi faktor keamanan.
Di Indonesia ada 2 jenis suspensi Feroza yang beredar, edisi sebelum 96 yang menggunakan per daun dan edisi 96 ke atas yang sudah menggunakan per independent atau dalam bahasa kerennya per keong.
Tulisan ini khusus membahas per daun ya, cukup 3 hal yang dilakukan agar bantingan menjadi sedikit lebih empuk. Ini caranya biar bikin lebih empuk:
- Yang paling mudah adalah ganti shock breaker dengan tipe oli karena tipe gas cenderung lebih keras.
- Mengganti per daun nomor 1 (paling atas) dengan daun yang lebih panjang.
- Gunakan selalu ban standard dan velg standard
Dengan cara-cara ini niscaya bantingan Feroza anda akan lebih empuk tapi masih tetap aman.
Ingat jangan pernah lakukan rol per karena ubahan ini akan membuat per menjadi getas dan bisa tiba-tiba patah. Kalaupun ingin melakukan rol maka lakukan dengan metode yang benar jangan sekedar ditarik dan ditekuk paksa. Minimal per dipanaskan secara merata pada suhu yang dianjurkan.