Awal masuknya Netflix di Indonesia disambut baik oleh para penikmat film online, namun tidak bagi Telkom Group yang menganggap kehadiran Netflix konon mengadu domba dan memonopoli. Dan pada akhirnya Telkom Group mengambil langkah untuk menutup akses Netflix di semua jaringan Telkom. Meskipun belakangan ternyata justru Telkom menghadirkan beberapa aplikasi streaming sejenis lainnya, sebut saja Hooq, Iflix, Catchplay.

Karena sudah terlanjur berlangganan Netflix saya harus cari akal gimana caranya bisa mengakses karena kebetulan di rumah berlangganan Indihome (tidak ada pilihan lain yang tersedia di kampung saya). Cara paling mudah adalah menggunakan proxy gratis yang banyak tersedia di internet, tapi sayangnya proxy tersebut kebanyakan tidak mendukung fitur streaming.

Dan tips yang paling efektif ternyata VPN, ada  beberapa layanan yang gratis ada juga yang berbayar. Saya memilih VyprVPN Basic (sekitar 60 ribu rupiah per bulan) melalui Android Playstore. Dengan paket ini ada lebih dari 700 host VPN yang dapat dipakai dan juga unlimited. Selain itu kamu dapat menggunakan 2 gadget secara bersamaan. Gimana cara menggunakannya? Sangat mudah menggunakannya, tinggal buka aplikasi VyprVPN (ataupun aplikasi lain yang kamu suka), register dan pilih paket langganan. Lalu pilih host dan tekan tombol connect. Setelah itu buka aplikasi Netflix dan login deh lalu pilih film kesukaan kamu. Saran saya gunakan host dari Amerika karena daftar filmnya lebih update dan lebih banyak pilihan.

Baca juga: Cara Mudah Cari Koleksi Judul Film Netflix Terlengkap

O ya, bagaimana jika host yang kamu biasa pakai sedang offline atau tidak bisa dipakai lagi? Atau kamu menggunakan host VPN dari negara lain? Kamu akan mendapatkan pesan error ketika kamu membuka Netflix. Kenapa ini terjadi? Karena Netflix mencatat aktivitas kamu termasuk lokasi akses yang tujuannya untuk mencegah penyalahgunaan akun. Tapi tenang saja ini masih bisa diakali. Caranya gimana? Gampang sekali, logout lalu keluar dari aplikasi Netflix dan login kembali. Selamat mencoba!

Update! Belakangan VyprVPN sering melambat dan diblokir juga oleh Netflix, coba cari alternatif lain dan akhirnya memilih Express VPN, jaringan mereka lebih sedikit dibandingan VyprVPN, tapi lebih banyak dapat mengakses Netflix dan lebih ngebut lho