Secara umum ada dua cara untuk berinternet dengan Telkomsel Flash. FYI saya tidak membahas bagaimana menginstall GSM Modem anda (kebanyakan merek dan tipe):

  1. wvdial, pindai modem anda dengan wvdialconf (sukur-sukur automatically detected, kalau gagal silaken googling). Hasilnya akan disimpan di /etc/wvdial.conf. Yang perlu diperhatikan adalah baris init2. Pastikan berisi Init2 = AT+CGDCONT=1, “IP”, “internet” untuk pengguna Telkomsel Flash unlimited, dan Init2 = AT+CGDCONT=1,”IP”,”flash” untuk pengguna Telkomsel Flash time based. Dengan kata lain field “internet” dan “flash” adalah APN (Access Point Name) anda. Berikutnya adalah Username dan Password,  berhubung Telkomsel Flash tidak membutuhkan Username dan Password, maka pada bagian tersebut dapat anda isi sembarang karakter. Untuk bagian Phone dapat diisikan *99# atau *99***1#. Setelah beres tinggal eksekusi wvdial. O ya, wvdial harus berjalan dalam modus root, karena membutuhkan akses untuk membuka komunikasi dengan modem anda.
  2. gnome-ppp, hampir mirip dengan wvdial, cuma bedanya wvdial itu menggunakan CLI (Command Line Interface) nah kalau gnome-ppp ini GUI (General User Interface) alias enak diliat. Maka anda sebaiknya memindai modem anda. Tapi kalau sudah yakin dengan lokasi modem anda, maka tinggal edit setup lokasi modem dari gnome-ppp. Pada menu  option hilangkan saja semua centang kecuali untuk bagian detect carrier line dan dock in notification tray. Kembali ke menu utama gnome-ppp, isikan sembarang Username dan Password. Dan sama seperti wvdial, untuk Phone Number isikan *99# atau *99***1#. Silakan klik connect, dan check log. Berhasil? Oooppsss..gagal konek karena can not open modem atau permission denied? Gampang solusinya, pada toolbar menu klik kanan dan edit menus. Cari di mana gnome-ppp berada dan edit command menjadi gksudo gnome-ppp.

Muncul pertanyaan di benak saya, gimana kalau GSM Modem atau Handphone nya punya fasilitas bluetooth dan ada fitur DUN (Dial Up Networking). Ikutilah tahapan berikut ini…Eh..eh tunggu dulu, anda harus sudah menginstall aplikasi pendukungnya, cukup ketikkan apt-get install -y bluez-utils (ingat anda harus dalam modus root). Ok, silakan lanjut ketahap berikut ini:

  • Pindai keberadaan perangkat bluetooth anda dengan perintah hcitool scan. Ketemu? Go forward
  • Pindai DUN dengan perintah sdptool search DUN. Sukses? Lanjuuut…
  • Binding perangkat bluetooth anda (disarankan matikan fitur key atau passphrase). Perintahnya? rfcomm bind 0 MAC_ADDR channel (Contoh: rfcomm bind 0 00:19:63:B1:8D:04 7). Angka 0 dan 7 itu apa sih? Angka 0 tersebut adalah slot dimana perangkat bluetooth anda akan ditempatkan. Kalau angka 7? Itu adalah channelnya, so gimana tahu di channel mana DUN tersebut berada? Perhatikan hasil pindai dari sdptool search DUN. Cari kata-kata Channel….Gut..guut di situlah tempatnya.

Nah bluetooth sudah dikonek, lalu gimana mengaktivasinya? Apabila pada wvdial dan gnome-ppp anda mungkin (ingat! cuma mungkin lho) mengisikan dengan isi /dev/ttyACMx atau /dev/ttyUSBx (x adalah slot modem anda). Maka anda perlu mengedit bagian tersebut menjadi /dev/rfcommx (x adalah slot modem anda). Next? Silaken connect laaaa 🙂
O ya, bagi pengguna Telkomsel Flash Unlimited pastikan APN anda internet ya, jangan pakai yang lain, dan tanpa proxy lho. Jangan kaget kalau mengecek tagihan melalui *888# sebab akan muncul angka yang fantastis. Lalu gimana cara mengecek pemakaian kita yang sebenarnya? Gunakan *999# pilih 1 dan 1 lagi, namun laporannya adalah H-1.