Chaos Computer Club menemukan celah keamanan yang dapat membuat Nokia Series 60 (selanjutanya disingkat S-60) menjadi dungu (tidak dapat menerima SMS/MMS sama sekali).
Kesalahan ini dikarenakan fitur predictive character yang dicekoki kedalam handphone Nokia S-60. Fitur dimaksud adalah kemampuan mendeteksi rangkaian karakter yang ‘menyerupai’ alamat email. Celakanya fitur iniĀ  tidak terbukti mampu mendeteksi dengan benar. Apabila alamat email tersebut lebih dari 32 karakter dan diakhiri dengan spasi maka handphone seketika itu juga menjadi lebih dungu, karena tidak lagi mampu menerima SMS/MMS dari manapun. Sistem didalam handphone akan menganggap inbox penuh dan tidak cukup memori.
Berikut adalah cara melakukan ‘serangan’ ini (HANYA UNTUK EDUKASI). Cukup kirimkan SMS dengan format alamat email dengan panjang lebih dari 32 karakter dan akhiri dengan spasi. Contoh: “qwerty@asdfghjklzxcvbnmqwert.comnetorg “. Lalu kirim ke nomor target dan set message type menjadi internet electronic mail (e-mail). Sailor Moon dengan kekuatan bulan akan menghukummu..hehehee..siap-siap aja diomelin sama yang punya nomor. INGAT!! SMS yang kamu kirim langsung dari HP mu lho (kayak iklan apa ya?)
Lalu gimana cara menghindari ini? Very-very gampang koq.

  • Update firmware handphone Nokia S-60 anda (hal ini sangat dan sangat jarang dilakukan oleh pengguna), itupun juga kalau sudah terbit firmware dari Nokia lho (sampai tulisan ini ditulis, belum ada pengumuman resmi dari Nokia)
  • Backup jeroan handphone anda
  • Berdoalah.

Hehehe.. Then kalau sudah terlanjur kena gimana? Reset to factory setting by typing #7370#. Mohon diingat bahwa tulisan ini hanyalah untuk edukasi saja, segala akibat yang terjadi bukanlah tanggung jawab diriku.